5 Inspirasi Usaha Modal Kecil Untung Besar

Usaha Modal Kecil – Inspirasi, Ide, Referensi Jadi Wirausaha Untung Besar

“9 dari 10 pintu rezeki dapat kamu buka dengan berdagang.”

Yap, bila kamu (maaf) beragama Islam, pasti familiar dengan kata-kata yang baru kamu baca diatas.

Faktanya, ini memang benar dan dapat dibuktikan dengan beberapa contoh kasus. 9 dari 10 pintu rezeki adalah dengan berdagang. Apa maksud berdagang? Ya ber-wirausaha. Atau dengan kata lain, membuka usaha sendiri.

Sayangnya, saya mengetahui persis betapa sulitnya memulai usaha modal kecil atau sekadar berwirausaha dengan modal yang “ngepas” dan bahkan tanpa modal sama sekali. Inilah yang saya tahu sering menjadi penghambat seseorang memulai aktivitas wirausaha.

Dengan banyaknya kasus seperti itu, dengan contoh kasus yang saya lihat seperti ini, keresahan yang timbul di hati pun membangkitkan gairah untuk menulis perihal usaha modal kecil.

Yap, usaha modal kecil.

Sebegitukah penting modal untuk usaha dan wirausaha?

Memulai dan berwirausaha tidak melulu harus diawali dengan modal yang tergolong besar. Meskipun memang tidak dipungkiri, dengan modal yang besar dapat sangat membantu seorang yang memulai wirausaha dapat dengan mudahnya mengembangkan bisnis yang sedang dirintis. Walaupun menjadi faktor yang dapat menentukan suatu usaha atau bisnis berhasil di masa depan, wirausaha tidak melulu tentang modal dan modal.

Apa yang terpenting untuk usaha modal kecil?

Banyak aspeknya, banyak faktor pendukungnya dan banyak variabel dan variasi berbeda yang dapat terjadi ketika mengawali kegiatan usaha modal kecil. Inilah yang akan menjadi konsen terbesar pembahasan saya dalam artikel berikut ini, membahas variabel lain dan variasinya agar setidaknya muncul ide baru serta inspirasi di kepala serta pikiran untuk memulai ide usaha modal kecil.

Dengan kata lain, usaha modal kecil dapat kamu lakukan dan sangat mungkin dijalankan segera. Bahkan, dengan kegiatan mencari inspirasi usaha modal kecil yang sedang kamu lakukan saat ini bisa saya bilang tergolong langkah awal yang tepat untuk kamu.

Tentu dengan kemudahan akses internet dan banyaknya informasi di dunia saat ini, mengumpulkan referensi dan ide perihal usaha modal kecil sangat memungkinkan untuk kamu lakukan tanpa langkah-langkah nan rumit.

Pembahasan pertama: Ide usaha modal kecil

Sebagai keperluan, analisa dan riset pasar. Banyak sekali sebenarnya ide usaha modal kecil yang bisa kamu ketahui. Bahkan, menurut saya langkah yang paling asyik perihal memulai wirausaha modal kecil adalah proses dan pencarian ide serta inspirasi.

Kenapa saya bilang seperti itu?

Entah mengapa, saya pribadi sangat menikmati proses pencarian ide. Dengan mudahnya pengumpulan informasi yang bisa saya lakukan melalui internet bermodal browsing beberapa website dan sosial media, banyak sekali inspirasi usaha modal kecil dan ide yang bisa saya kumpulkan menjadi kesatuan yang solid.

“Contohnya, apa!?”

Akan sangat lebih membantu memang kalau saya menyajikan contoh sebagai referensi. Kalau itu yang kamu mau, baiklah.. Inilah beberapa ide usaha modal kecil mulai dari usaha modal kecil rumahan, sampai usaha modal kecil online yang bisa kamu lakukan. Semoga, dengan beberapa contoh kasus dan usaha yang sudah berjalan yang sudah saya kumpulkan, dapat timbul ide dan referensi baru untuk kamu, ini dia:

1. Jualan gorengan (usaha modal kecil untuk pemula)

Kalau modal yang sangat minim adalah masalah kamu, menjual kue-kue, gorengan dan makanan kecil kering lainnya adalah solusi sekaligus jawaban.

Dalam beberapa kasus usaha modal kecil yang saya temui, menjual gorengan atau kue kering adalah salah satu contoh usaha modal kecil untung besar di pedesaan yang memang sangat menjanjikan.

Potensinya masih sangat menjanjikan. Dengan margin keuntungan yang bisa berkali-kali lipat walau jumlahnya notabene kecil, usaha modal kecil ini tidak boleh kamu pandang sebelah mata.

Kenapa?

Mari melihat contoh kasus yang sederhana. Kita semua tahu dan ini bukanlah rahasia lagi bahwasanya aktivitas nyemil adalah umum dilakukan masyarakat Indonesia. Yap, umum! Aktivitas nyemil adalah yang disukai apalagi teruntuk ibu-ibu dan wanita. Ya tahu sendiri kan kalau bergosip itu paling enak disambi dengan apa? Gorengan dan kue!

Bagaimana perhitungan usaha modal kecil menjual gorengan rumahan?

Terbilang sangat murah dan terjangkau. Bahkan modal memulai jenis usaha modal kecil yang menjanjikan ini amatlah minim. Pada dasarnya, yang kamu butuhkan hanyalah perkakas memasak. Dan ini bukanlah masalah besar sejak semua orang termasuk kamu pasti sudah memiliki perkakas memasak di dapur rumah. Betul, kan?

Bagaimana dengan bahan baku?

Tersedia di sekitar dan pasar terdekat, bahan baku membuat gorengan yang patut diperhitungkan ulang hanyalah minyak goreng. Yang lainnya, tidak akan ada kesulitan berarti karena memang pada dasarnya bahan baku pembuatan tergolong cukup mudah.

2. Buka Warung Kopi (Warkop)

Salah satu inspirasi usaha modal kecil dengan membuka warung kopi atau akrab disebut dengan warteg ini saya buat karena melihat fenomena betapa besarnya animo orang Indonesia yang sangat menyukai kegiatan nongkrong (kongkow) bersama teman atau kerabat.

Bahkan, dengan kebiasaan dan habit orang Indonesia yang terbiasa selalu menyeruput kopi ketika sedang melakukan kegiatan formal ataupun non-formal, bisa dibilang ini adalah usaha modal kecil yang menjanjikan.

Kenapa?

Dengan keuntungan maksimal 50% yang akan sangat mudah didapat, tentunya hasil ini saya dapat setelah memperhitungkan dengan melihat pengeluaran lain seperti, biaya bahan bakar gas merebus air, sabun cuci dan variabel tambahan seperti simpanan untuk biaya terduga. Dan hasilnya, keuntungan sebesar 50% akan sangat mudah untuk kamu dapatkan.

Sebagai tambahan, keuntungan usaha modal kecil dengan membuka warung kopi akan sangat mudah untuk mengembangkannya. Maksud pengembangan yang saya tulis adalah, akan sangat wajar bagi sebuah warung kopi menjual beberapa produk lainnya. Tentu produk yang mendukung bagi sebuah warung kopi bisa jadi makanan kecil atau berat. Dan ini tidak terbatas! Itulah inti dari maksud pengembangan usaha modal kecil ini.

Jika kamu masih terbentur dengan permasalahan modal, membuka warkop kecil-kecilan adalah yang paling masuk akal untuk kamu lakukan.

Skema keuntungannya pun tidak jauh berbeda dan yang terpenting adalah, keuntungan 50% ini adalah apa yang akan kamu dapatkan apapun ukuran usaha modal kecil dengan membuka warung kopi yang akan kamu lakukan.

3. Ide Usaha Modal Kecil Untung Besar Mengandalkan Musim

Dengan banyaknya hari-hari spesial di Indonesia, tentu kalau kamu cukup jeli menangkap peluang ini sangat bagus dikategorikan sebagai usaha modal kecil menjanjikan dengan untung besar.

Jenis usaha musiman sangat umum dilakukan banyak orang yang jeli menangkap peluang. Walapun bersifat sementara, usaha dengan modal kecil tapi untung besar ini tak bisa untuk tidak saya bahas lebih lanjut.

Memang ada keuntungan juga kerugian dengan jenis usaha musiman. Tapi ini kan bukan hanya berlaku pada jenis usaha ini saja, keuntungan dan kerugian sangat berlaku pada jenis bisnis lainnya.

Saya akan konsen fokus membahas jenis usaha musiman melihat dari sisi pandang keuntungannya.

Sekali lagi, keuntungan menjalankan bisnis usaha musiman adalah kamu tidak bisa menggantungkan keuntungan dari bisnis ini untuk beberapa waktu. Keuntungan dari bisnis ini adalah kamu bisa mendapatkan hasil yang besar, cepat dan banyak dalam beberapa periode waktu tertentu. Tentunya sesuai musim dan ini tidak terbatas sama sekali.

Keuntungan lainnya adalah, dengan usaha modal kecil mengandalkan musim kamu bisa melakukannya bahkan tanpa melakukan biaya pemasaran! Yap, dengan modal relatif minim, kamu bisa membuang semua modal untuk memenuhi kebutuhan musim dan tidak perlu memikirkan strategi pemasaran.

“Ah masa, kok bisa!?”

Sederhananya begini, ketika memasuki musim tertentu, contoh; lebaran, natal, hari valentine, orang akan berbondong-bondong mencari jasa ataupun produk yang berhubungan dengan musim. Yap, orang yang mencarinya, bukan penjual yang mencari orang untuk beli!

Dengan kondisi seperti ini, jangan heran tanpa biaya pemasaran sepeserpun, ini adalah salah satu ide usaha modal kecil untung besar yang sangat brilian!

Butuh ide, inspirasi dan referensi lebih? Ini dia beberapa usaha modal kecil musiman yang bisa kamu lakukan:

– Jualan terompet saat mendekati perayaan malam tahun baru
– Jualan takjil saat bulan puasa
– Jualan souvenir, kado dan barang-barang romantis saat hari valentine
– Jualan layangan saat musim layangan
– Jualan jas hujan saat mendekati musim hujan
– Jualan alat sekolah, buku dan lainnya saat musim liburan segera habis dan kembali bersekolah.

Cukup kan, ide usaha modal kecil musiman yang saya sediakan? Kalau kamu rasa masih tidak mencukupi, sebenarnya relatif mudah mencari dan menemukan usaha musiman. Kamu hanya perlu mengecek kalender, adakah tanggal merah di kalender? Kalau banyak, coba deh kamu cek kenapa tanggal tersebut merah di kalender, apakah ada musim tertentu? Yak, selamat! Kamu baru saja menemukan ide usaha modal kecil untung besar!

Lihatlah, beberapa inspirasi usaha modal kecil tidak terlalu sulit untuk kamu cari, kan? Yang kamu perlu hanyalah konsistensi, persistensi dan kemauan serta niat yang kuat.

4. Jualan mainan anak

Contoh sukses usaha modal kecil yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah berjualan mainan.

Yap, mainan!

Salah satu usaha modal kecil ini sering tidak terlihat, tersadari dan sering diabaikan potensi besarnya oleh kebanyakan orang yang tertarik berwirausaha.

Entah mengapa, kebanyakan orang yang ingin dan punya prinsip sebagai wirausahawan sering mengejar jenis usaha atau bisnis yang masih belum jelas prospeknya, pembelinya, pasarnya bahkan peluangnya!

Seringkali jenis bisnis atau usaha modal kecil dengan keuntungan besar diabaikan dan tidak dijalankan.

Begini, berjualan mainan pada prakteknya tidaklah terlalu sulit dijalankan. Apa yang kamu butuhkan untuk berjualan mainan? Hanyalah kemauan untuk menemukan lokasi berjualan yang strategis.

Uniknya, tidak seperti berjualan produk lain, menemukan lokasi yang strategi untuk berjualan mainan bisa kamu lakukan dengan sekejap mata.

Yap, sekejap mata!

Sekolah Dasar, Taman Kanak-Kanak, PAUD adalah lokasi strategis paling menguntungkan tempat kamu berjualan. Dimana ada anak-anak, disitu pasti ada anak-anak yang menyukai mainan dan tidak bisa menahan untuk tidak membeli mainan! Setuju kah kamu dengan pendapat ini?

Saya rasa semua akan setuju.

Mengamati psikologi pembeli adalah penting untuk usaha modal kecil. Menyadari kemauan dan daya beli konsumen amatlah penting dan vital untuk anda riset lebih dulu sebelum memulai wirausaha modal kecil.

Uniknya lagi, itu semua tidak berlaku ketika kamu melakukan usaha modal kecil dengan cara berjualan mainan!

Semuanya sudah tersedia dan akan tetap tersedia sampai kapanpun!

Akan tetap ada anak yang menuntut ilmu belajar di sekolah, akan tetap ada orangtua yang memberi jajan anaknya yang pergi ke sekolah. Betul, kan?

Dengan begini, kamu sudah mendapatkan salah satu ide usaha modal kecil yang menjanjikan dengan hasil besar!

Mungkin pertanyaan yang kamu pikirkan sekarang, adalah; bagaimana mendapat suplier mainan anak dengan harga murah. Betul?

Kalau itu masalah kamu, tidaklah sulit mencari suplier mainan. Percaya saya, banyak sekali suplier mainan anak tersedia di tempat umum seperti pasar dan lainnya. Bahkan, dengan adanya internet ini akan sangat memudahkan kamu untuk mencari grosir mainan anak di Internet bermodal kuota atau wifi.

5. Jualan pulsa atau paket kuota

Mungkin sekarang akan timbul pertanyaan dalam diri kamu; “Ah, udah banyak banget sekarang konter pulsa yang juga jualan kuota. Pasti udah nggak laku dan nggak menguntungkan!”

Mungkin kalau mindset dan jalan pikiran kamu seperti itu terus-menerus, melakukan bisnis dan menjadi wirausaha bukanlah jalan yang harus kamu tempuh.

Begini, bisnis dan wirausaha mempunyai banyak faktor, variabel dan variasi yang sangat banyak sekali. Dan kalau masalah yang kamu punya sebelum memulai jenis usaha modal kecil berjualan pulsa adalah ketakutan dan kekhawatiran sudah terlalu banyak pesaing, itu bukanlah masalah yang besar dan tidak perlu kamu perhitungkan sejak awal!

Hampir semua orang kini menggunakan perangkat telpon pintar, sebutkan saja, kamu, keluarga, adik, kakak, orangtua, tetangga, ustad, preman, tukang ketoprak dan lainnya. Apakah ada yang masih menggunakan telepon jadul? Tentu ada, tapi presentasinya tidak banyak.

Lihatlah, ini adalah peluang! Bahkan dari lingkungan paling kecil sekalipun seperti keluarga dan kerabat adalah potensi menghasilkan usaha modal kecil yang menjanjikan.

Solusi lain memulai usaha modal kecil

Sebenarnya, memang modal sudah menjadi konsen dan fokus utama pemerintah untuk UKM dan orang yang ingin berwirausaha. Tentunya ini amatlah bagus dan bisa menjadi solusi bagi kamu yang membutuhkan modal usaha.

Persoalan ini merupakan masalah global dan bukan hanya terjadi di Indonesia, jadi tidak menutup kemungkinan bahwa di manapun wilayahnya, akibat dari sulitnya memperoleh modal ini telah menjadi hambatan terbesar untuk perkembangan usaha kecil dan menengah.

Tambahan penulis

Dan berakhir sudah. Demikian-lah keresahan sudah saya tumpahkan perihal ide-ide dan inspirasi usaha modal kecil.

Modal memang salah satu faktor pendukung untuk memulai sebuah usaha. Tapi modal juga bukan salah satu faktor yang paling penting. Seperti yang saya bilang pada awal tadi, banyak faktor dan variabel pendukung lainnya. Dan sayangnya, hanya modal yang acapkali terlihat dan menjadi pertimbangan terbesar bagi seorang wirausaha.

Semoga ide dan inspirasi-inspirasi usaha modal kecil ini dapat membantu kamu menemukan yang terbaik perihal usaha modal kecil.

Sebagai penutup dan juga tambahan, menurut pengalaman saya pribadi, memulai usaha itu tentang praktek. Yap, praktek. Teori dan omongan tidak akan membantu sama sekali ketika kamu memutuskan untuk memulai usaha modal kecil.

Mudah-mudahan artikel ini adalah yang terakhir kamu baca dan menjadi pacuan kamu untuk segera melakukan, mempraktekan dan mengaplikasikan semua pengetahuan yang sudah kamu baca.

Semangat dan sukses untuk kita semua ya, teman-teman.

Tags: