10+ Contoh Bisnis Modal Kecil Untung Besar

Bisnis Modal Kecil – Dalam ilmu perekonomian, bisnis merupakan organisasi yang menjual jasa atau barang dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumen untuk mendapatkan untung atau laba. Kata bisnis sendiri secara historis berasal dari bahasa Inggris yaitu business, kata dasar “busy” yang artinya sibuk.

Contoh Bisnis Modal Kecil Untung Besar
Contoh Bisnis Modal Kecil Untung Besar

Memiliki sebuah bisnis yang besar, megah dan mendapatkan penghasilan yang besar merupakan cita-cita dari semua calon pengusaha atau pebisnis. Namun, banyak sekali orang yang tidak merealisasikan mimpi tersebut karena berbagai macam kendala. Mulai dari manajemen yang sulit, ilmu yang kurang banyak, sumber daya yang terbatas, dan juga bingung harus membuka bisnis apa. Padahal, banyak sekali bisnis modal kecil untung besar. Mulai dari bisnis kuliner, bisnis ternak hewan, bisnis online, bisnis membeli lahan pertanian di pedesaan, dan lain sebagainya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini akan kami jelaskan secara singkat 10+ contoh bisnis modal kecil penghasilan besar.

1. Membuka Warung Bakso di Lokasi Strategis

Bisnis Modal Kecil - Membuka Warung Bakso

Bakso merupakan makanan yang sangat enak dan sangat digemari oleh masyarakat Indonesia pada umumnya, baik dewasa maupun anak-anak. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan momen ini dan dijadikan sebagai peluang bisnis.

Ide bisnis membuka warung makan yang menjual bakso di lokasi strategis sangat mudah sekali untuk dilakukan. Anda cukup membuat bakso yang rasanya gurih dan lezat, dengan harga yang terjangkau. Jangan lupa berusahalah untuk berbeda dari yang lain atau memiliki keunikan sendiri, misalnya membuka warung bakso seperti bakso keju, bakso jamur, bakso arang, bakso mercon, bakso jumbo, bakso beranak, dan lain sebagainya. Dengan membuat warung bakso yang unik, akan menambah nilai lebih untuk usaha Anda.

Membuka warung bakso kecil-kecilan tidak membutuhkan modal yang besar, cukup siapkan gerobak atau rombong bakso dan juga stand warung. Warung pun tak harus menyewa ruko, bisa mulai berjualan di depan halaman rumah Anda. Jika usaha warung bakso ini semakin berkembang, baru Anda bisa menyewa tempat yang lebih luas lagi.

2. Budidaya Ikan Lele

Usaha Modal Kecil - Budidaya Ikan Lele

Ide bisnis modal kecil untung besar selanjutnya adalah budidaya ikan lele. Memulai bisnis budidaya lele ini sangat sederhana sekali dan tidak membutuhkan modal yang besar, Anda bisa memanfaatkan halaman atau tanah kosong yang berada di sekitar rumah Anda. Anda bisa memulai dengan cara membuat kolam yang berukuran 2x3cm menggunakan terpal, dan juga menggali lubang berukuran 30cm.

Bila dibandingkan dengan budidaya ikan lainnya, budidaya ikan lele memang sangat mudah sekali. Semakin banyaknya permintaan suplai ikan lele dari warung-warung makan di daerah menjadi bisnis budidaya ikan lele ini menjadi semakin booming. Ikan lele banyak diminati oleh orang banyak karena memiliki cita rasa yang gurih dan lezat.

Jika Anda ingin memulai bisnis budidaya ikan lele, cukup Anda cari di Google kata kunci “jual bibit ikan lele Purwokerto” (misal). Carilah penjual bibit ikan lele di kota Anda menggunakan Google, atau bisa juga Anda memanfaatkan media sosial Facebook untuk menemukan komunitas budidaya ikan lele dan juga grup jual beli bibit ikan lele. Jika bisnis budidaya ikan lele Anda semakin membesar, Anda juga bisa menjadi penjual bibit benih lele dan memperluas ukuran kolam Anda.

3. Membuka Bisnis Laundry Pakaian

Bisnis Modal Kecil Untung Besar - Membuka Bisnis Laundry
Bisnis Modal Kecil Untung Besar – Membuka Bisnis Laundry

Dewasa ini banyak sekali orang-orang yang sangat sibuk, bahkan untuk urusan mencuci atau membersihkan pakaian kotornya pun mereka tak memiliki waktu. Padahal, pakaian akan selalu dipakai setiap harinya.

Oleh karena itu, terbukalah peluang bisnis jasa laundry pakaian kotor. Bukalah usaha laundry di lokasi yang strategis. Seperti dekat kampus, kos-kosan, pabrik besar, dan lain sebagainya. Lokasi-lokasi strategis tersebut biasanya ditempati oleh mahasiswa dan pekerja yang sibuk, sehingga tidak sempat untuk mencuci pakaiannya sendiri.

Berbagai macam paket jasa laundry bisa Anda tawarkan, seperti jasa laundry kiloan, jasa cuci kering, jasa cuci basah, jasa cuci setrika, jasa cuci express (24 jam), dan juga jasa cuci kilat (12 jam). Tentu dengan harga yang berbeda-beda tergantung paket yang Anda sediakan.

Akan tetapi, sebelum memulai bisnis laundry Anda harus mengerti terlebih dahulu tentang jenis-jenis kain dan cara mencucinya. Jangan sampai jika customer datang dan menggunakan jasa Anda, pakaian mereka malah rusak atau luntur saat dicuci atau gosong terkena setrika.

Anda juga harus survei atau riset harga pasar dahulu sebelum membuka usaha laundry pakaian. Misal kompetitor berani memasang harga Rp 3.000 per kg, Anda bisa memberi harga Rp 2.500 per kg. Atau bisa juga dengan harga yang sama dengan kompetitor, tetapi dengan kualitas yang lebih baik.

Berilah nilai lebih untuk jasa laundry Anda, misalnya menyediakan jasa antar jemput laundry. Jika Anda memberi pelayanan yang maksimal kepada para pelanggan Anda, maka usaha laundry Anda akan terkenal mulut ke mulut. Tanpa diiklankan pun bisnis laundry pakaian Anda akan ramai dengan sendirinya.

4. Membuka Jasa Penulis Artikel (Content Writer)

Inspirasi Usaha Modal Kecil - Jasa Penulis Artikel

Menjadi seorang penulis artikel atau content writer saat ini merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan, banyak sekali perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan untuk menulis artikel. Bahkan perusahaan besar terutama marketplace Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Zalora dan lain sebagainya sangat membutuhkan jasa penulis artikel untuk website mereka. Jasa penulis artikel memang banyak dicari oleh pengusaha atau pebisnis online yang ingin meningkatkan pengunjung website mereka.

Oleh karena itu, Anda bisa menawarkan kepada mereka jasa menulis artikel yang berkualitas. Yang Anda perlukan hanya belajar menulis artikel yang baik dan benar, topik penulisan artikel biasanya tergantung kebutuhan mereka.

Biasanya, para penulis artikel dibayar tergantung jumlah kata. Biasanya per 500 kata atau 1000 kata. Sepengetahuan admin, harga rata-rata artikel 500 kata adalah Rp 15.000. Bagi Anda yang terbiasa dalam dunia tulis menulis, membuka jasa penulis artikel sangatlah mudah karena sesuai dengan passion Anda. Yang harus Anda perhatikan adalah jangan sampai membuat artikel copas atau copy paste dari website lain, hal ini sangat dilarang sekali. Tulislah konten original hasil pemikiran Anda, atau cari artikel yang ada di website lain kemudian jadikan artikel tersebut sebagai referensi.

5. Bisnis Online

Ide Bisnis Modal Kecil Untung Besar - Bisnis Online

Saat ini, perkembangan internet memang sedang booming-boomingnya. Masih ingat jika dahulu kita ingin mengakses internet harus pergi ke warnet dengan kecepatan internet yang lambat? Saat ini, hal tersebut tidak berlaku lagi. Anda bisa mengakses internet dengan sangat cepat dalam genggaman tangan Anda. Yap, sekarang sudah menuju ke era digital mobile. Cukup dengan menggunakan smartphone, Anda bisa melakukan hal yang besar dengan bantuan internet.

Di jaman digital ini, mendapatkan penghasilan yang besar tidak hanya melalui offline saja. Akan tetapi, bisa juga menggunakan internet dengan cara membuka bisnis online. Bisnis online tidak membutuhkan modal yang besar, sehingga kami kategorikan sebagai bisnis modal kecil penghasilan besar. Bahkan sangat mungkin sekali jika Anda hanya bermodal komputer/laptop dan juga koneksi internet.

Jika Anda memiliki produk yang bisa dijual secara luas, Anda bisa menjualnya via internet. Namun jika Anda tidak mempunyai produk sendiri, Anda bisa bekerja sama dengan rekan Anda yang memiliki produk dengan sistem bagi hasil.

Keuntungan dari berbisnis online adalah Anda bisa menjangkau pasar yang lebih luas, bahkan seluruh Indonesia pun bisa. Untuk media pemasarannya, Anda bisa menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya.

Contohnya, misal Anda ingin berjualan gamis karena lokasi Anda dekat dengan penjual gamis partai besar. Anda bisa mulai memfoto produk gamis tersebut, usahakan foto secantik mungkin agar bisa menarik perhatian calon pelanggan Anda. Anda bisa membuat fanspage Facebook dengan judul “Jual Gamis”, kemudian posting foto yang menarik pelanggan dan juga berikan keterangan yang lengkap seperti spesifikasi barang dagangan Anda, harga, dan juga contact person Anda.

Enaknya berbisnis online, Anda bisa bekerja kapanpun dan dimanapun Anda berada. Tidak terikat oleh waktu, sehingga Anda bebas ingin mulai berbisnis online kapan saja. Bahkan Anda bisa punya banyak waktu di rumah dan untuk keluarga.

6. Membuat Blog & Pasang Iklan Google Adsense

Ide Usaha Modal Kecil Untung Besar - Membuat Blog Google Adsense

Peluang bisnis yang satu ini bisa menjadi peluang bisnis modal kecil untung besar untuk pelajar, karena memang benar-benar sangat mudah dilakukan bahkan oleh pelajar sekalipun. Peluang bisnis yang satu ini merupakan cabang dari bisnis online, yaitu membuat blog kemudian memasang iklan Google Adsense.

Apa itu Google Adsense?

Google Adsense merupakan program kerjasama periklanan menggunakan Internet (website & aplikasi) yang diselenggarakan oleh perusahaan raksasa Google. Melalui program periklanan Google AdSense, pemilik website/blog dan juga aplikasi yang sudah mendaftar dan disetujui keanggotaannya oleh Google Adsense diperbolehkan memasang unit iklan di website mereka yang bentuk dan materinya telah disiapkan oleh tim Google Adsense. Pemilik website akan mendapatkan penghasilan berupa bagi hasil dari Google Adsense untuk setiap iklan yang telah diklik oleh pengunjung website, yang dikenal sebagai sistem PPC (pay per click) atau dibayar per klik. (Sumber : wikipedia)

Intinya, Anda membuat blog yang memberi manfaat kepada pengunjung kemudian Anda memasang iklan yang sudah disediakan oleh Google Adsense. Jika iklan Anda diklik oleh pengunjung, maka Anda akan mendapatkan penghasilan. Rata-rata BPK (biaya per klik) blog Indonesia adalah Rp 300-500, sehingga jika iklan di blog Anda diklik sebanyak 100x per hari maka Anda akan mendapatkan penghasilan sebesar Rp 30.000 – Rp 50.000 per hari.

Namun yang perlu Anda ingat dan ketahui, selalu membuat blog dan artikel yang bermanfaat untuk pengunjung. Jangan sampai asal copy paste artikel orang, hal tersebut sangat berbahaya untuk blog dan juga akun Adsense Anda. Dan jangan sampai Anda klik iklan Adsense Anda sendiri, karena jika Anda bermain curang pasti ketahuan oleh pihak Google Adsense. Bagaimana? Sangat cocok bukan jika Google Adsense disebut sebagai bisnis anak kuliah modal kecil?

7. Peluang Bisnis dari Hobi

Bisnis Modal Kecil Penghasilan Besar - Berawal Dari Hobi

Jika Anda bingung memulai usaha apa, mungkin Anda cocoknya membuka bisnis yang sesuai dengan hobi atau keahlian yang Anda miliki. Mulai saat ini, coba Anda cermati dan renungkan keahlian atau hobi apa yang Anda miliki. Apakah Anda hobi memasak? Hobi menulis? Hobi foto-foto?

Jika Anda hobi memasak, Anda bisa menjadi seorang koki atau mungkin membuka bisnis katering. Jika Anda hobi menulis, Anda bisa menjadi content writer (penulis artikel) atau penulis buku dan novel. Jika Anda hobi foto-foto, Anda bisa membuka jasa fotografer untuk pernikahan, wisuda, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menjual hasil foto Anda yang indah di shutterstock.com. Mereka berani membayar hasil foto Anda dengan harga tinggi, dan juga menggunakan mata uang dollar Amerika.

Selain contoh hobi-hobi di atas, Anda dapat menggali sendiri peluang bisnis apa yang bisa muncul sesuai dengan hobi Anda. Enaknya jika Anda membuka bisnis sesuai dengan hobi, Anda akan jarang sekali bosan atau jenuh karena apa yang Anda jalankan sesuai dengan passion Anda. Meskipun bisnis dari hobi adalah bisnis modal kecil tapi menguntungkan, akan tetapi Anda harus tetap mempertahankan kualitas produk Anda agar tetap berada di hati masyarakat.

8. Peluang Bisnis Kerajinan Tangan

Usaha Dirumah Modal Kecil - Membuat Kerajinan Tangan

Apakah Anda seseorang yang kreatif dan ulet? Jika jawabannya ya, maka Anda cocok sekali membuka bisnis kerajinan tangan. Membuat kerajinan tangan kemudian menjualnya merupakan contoh bisnis modal kecil, karena cara memulainya Anda cukup menggunakan barang-barang di sekita rumah Anda untuk dibuat kerajinan tangan. Bahkan Anda juga bisa menggunakan barang bekas sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan loh!

Harga yang harus Anda banderol tentu sesuai dengan keunikan dan kerumitan membuatnya. Anda tak perlu khawatir saat memasarkan atau menjual kerajinan tangan, karena Anda bisa menjual melalui toko online atau marketplace yang ada di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, dan lain sebagainya. Bahkan Anda bisa juga menjual produk kerajinan tangan Anda melalui media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter. Apalagi jika Anda tinggal di daerah tempat wisata, membuat kerajinan tangan sangat merupakan peluang bisnis rumahan yang menjanjikan karena bisa menjadi oleh-oleh para wisatawan.

Selain itu, Anda juga bisa membuat banyak kerajinan tangan yang memiliki keunikan tersendiri kemudian dijual ke kolektor. Kolektor biasanya berani membeli dengan harga tinggi jika kerajinan tangan yang Anda buat sangat unik dan menarik. Atau bisa juga Anda membuat kerajinan tangan yang dapat digunakan dalam keseharian, misalnya membuat tas dari bahan bekas, kotak pensil dari botol bekas, lampu hias dari botol bekas, pot keramik dari cd bekas, lampu hias dari kardus dan karton, tempat tisu dari stik es krim, dan lain sebagainya.

9. Membuka Kursus atau Bimbingan Sesuai Keahlian

Ide Usaha Modal Kecil Untung Besar - Membuka Kursus

Peluang bisnis modal kecil yang satu ini cukup mudah dijalankan, karena tinggal menyesuaikan dengan keahlian atau kemampuan Anda. Jika Anda bisa dan mahir menjahit, Anda bisa membuka kursus jahit untuk masyarakat di sekitar rumah Anda. Jika Anda cukup mahir menggunakan komputer, Anda bisa membuat kursus atau bimbingan dalam mengoperasikan komputer. Jika Anda mahir berbahasa asing, Anda bisa juga membuka kursus bahasa asing seperti les bahasa Inggris, Cina, Prancis, Jerman, Spanyol, Arab, dan lain sebagainya. Apalagi jika Anda menguasai satu mata pelajaran sekolah, Anda bisa menjadi guru les bagi murid-murid yang membutuhkan bimbingan khusus.

Jika Anda merasa belum mampu membuat kursus sendiri, Anda bisa bekerja sama dengan rekan Anda dalam membuat sebuah kursus. Atau Anda bisa juga melamar ke bimbingan yang telah ada di kota Anda. Dalam usaha ini sebenarnya Anda tidak perlu modal banyak, Anda cukup menyediakan tempat yang layak, sarana dan prasarana serta kemampuan mengajar yang baik. Anda harus benar-benar paham materi yang akan disampaikan serta cara menyampaikan materi yang baik dan benar.

Bisnis kursus, bimbingan atau privat setiap harinya akan selalu ramai. Karena banyak sekali orang yang ingin mempelajari sesuatu, tapi membutuhkan guru yang bisa membimbing mereka dari nol. Contoh saja kursus mengendarai mobil, meskipun mematok tarif yang cukup mahal akan tetapi kursus tersebut tetap laris manis karena banyak sekali yang ingin belajar cara mengendarai mobil yang baik dan benar. Jika bisnis kursus Anda mulai membesar, Anda bisa merekrut tenaga pengajar lainnya untuk membantu tugas Anda.

Bisnis ini bisa dikategorikan sebagai bisnis modal kecil untuk mahasiswa, karena saat ini mahasiswa sudah banyak yang membuat jasa bimbingan pelajaran sekolah untuk adik-adik kelasnya yang masih sekolah di tingkat SD, SMP dan SMA. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk membuka kursus sendiri?

10. Bisnis Konter Pulsa & Kuota

Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan - Membuka Konter Pulsa

Perkembangan dunia teknologi sangat berkembang dengan pesat, bahkan saat ini smartphone sudah menjadi barang wajib yang harus dimiliki oleh semua orang. Anak SD saja saat ini sudah dibelikan smartphone dengan harga jutaan oleh orang tuanya, meskipun ujung-ujungnya hanya digunakan untuk bermain Mobile Legends. Namun, apa gunanya handphone pintar jika tidak memiliki pulsa?

Maka dari itu, bisnis konter pulsa  merupakan bisnis modal kecil untungnya besar. Jutaan masyarakat Indonesia sudah menggunakan smartphone, potensi yang besar walaupun mungkin Anda hanya bisa mendapatkan target pasar di daerah tempat Anda membuka konter saja. Meskipun usaha ini tergolong usaha kecil, akan tetapi penghasilan yang Anda dapatkan akan cukup besar. Apalagi jika Anda menjual di daerah yang ramai seperti daerah pabrik dan kampus serta Anda memiliki pelanggan setia.

Selain pulsa, Anda juga bisa menjual kuota murah dan juga kartu khusus internet. Saat ini kuota sangat penting sekali bagi banyak orang, karena masih banyak sekali yang belum memasang internet pribadi di rumah. Bahkan banyak sekali orang yang rela mencari wifi gratisan karena tidak memiliki kuota. Bukankah ini peluang yang sangat potensial?

Untuk memulai bisnis konter pulsa dan kuota ini, Anda harus bisa mencari agen pulsa termurah di kota Anda. Anda bisa mencoba untuk mensurvei konter-konter pulsa terdekat dan menanyakan dimana tempat mencari distributor pulsa termurah. Jika Anda kesulitan dalam mencari agen pulsa dan kuota murah, Anda bisa mencarinya di google dengan kata kunci “agen pulsa murah”.

Meskipun saat ini minimarket seperti Alfamart dan Indomaret sudah mulai menjual pulsa dengan cara menanyakan “sekalian pulsanya kak?” ke setiap pelanggan, akan tetapi hal tersebut tidak menjadi halangan yang terlalu besar. Karena buktinya admin sendiri masih sering membeli pulsa dan kuota ke konter di pinggir jalan. Jika bisnis konter Anda sudah membesar, suatu hari nanti Anda juga bisa menjual smartphone di konter Anda.

11. Menjual atau Menjadi Makelar Properti

Bisnis Usaha Modal Kecil - Menjual Properti
Bisnis Usaha Modal Kecil – Menjual Properti

Bisnis yang satu ini benar-benar bisnis modal kecil hasil besar dan tak akan lekang oleh waktu, karena setiap harinya banyak sekali yang mencari dan membutuhkan properti.

Banyak sekali faktor kenapa jual beli properti sangat diminati oleh banyak orang, salah satunya adalah nilai jual properti yang selalu naik di setiap tahunnya. Jika Anda masih pemula dan memiliki teman yang sudah berpengalaman dalam berbisnis properti, belajarlah kepadanya. Coba praktekkan apa yang ia lakukan sehingga bisa sukses, cari koneksi rekan yang senang berinvestasi properti. Selain membantu orang karena menjualkan propertinya, Anda juga bisa mendapatkan komisi yang cukup besar di setiap penjualannya.

Langkah memulainya cukup mudah, Anda bisa mencoba untuk membantu menjual atau menyewakan properti milik saudara atau teman Anda. Jika ada, kemudian tanyakan berapa bonus atau komisi yang akan Anda terima jika properti tersebut laku terjual. Jika Anda menginginkan hasil yang maksimal, Anda harus memiliki sedikit ilmu marketing yang baik.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa properti merupakan barang yang cukup mahal bagi konsumen yang ingin membelinya, maka dari itu Anda harus benar-benar meriset target pasar yang tepat dalam menjual properti Anda.

Berikut ini telah kami rangkum teknik pemasaran properti yang bisa Anda coba, yaitu :

  1. Dari mulut ke mulut
    Cara pertama merupakan cara yang sangat mudah dan tidak membutuhkan biaya sedikitpun, yaitu menjualnya lewat mulut ke mulut. Kabarkan informasi bahwa Anda menjual properti kepada saudara, tetangga, teman, dan juga rekan kerja Anda. Secara tidak langsung informasi Anda akan tersebar luas lewat mulut ke mulut mereka. Akan tetapi, cara ini merupakan cara konvensional dan membutuhkan tenaga serta kesabaran yang tinggi.
  2. Membuat banner atau brosur properti dijual
    Nah, cara kedua ini membutuhkan sedikit modal untuk membuat banner dan juga brosur untuk memberi informasi bahwa Anda sedang menjual properti. Dengan cara ini, akan lebih efektif karena iklan Anda akan menjangkau banyak orang yang melihat banner atau brosur promosi Anda. Anda cukup memasang spanduk serta menyebar brosur di tempat yang banyak dilalui oleh orang-orang, dengan harapan banyak yang melihat dan ada yang membeli properti yang Anda jual.
  3. Memasang iklan di koran
    Banyak sekali penjual properti yang melakukan cara ini, yaitu memasang iklan di koran tentang properti. Cukup berikan detail yang singkat dan jelas tentang luas bangunan, sertifikat hak milik, lokasi properti, harga, dan spesifikasi lainnya. Berikan headline yang menarik dengan kalimat “dijual cepat”.
  4. Menjual secara online
    Lagi-lagi di era digital ini, menggunakan internet sebagai media pemasaran merupakan langkah yang sangat tepat dan cermat. Karena Anda bisa menjual properti dengan sangat cepat dan juga nyaris tanpa modal, Anda cukup modal koneksi internet dan juga smartphone untuk memfoto kondisi properti yang Anda jual.
    Anda bisa menjual properti Anda di situs jual beli seperti OLX, rumah.com, rumah123.com, urbanindo.com, dan lain sebagainya. Anda juga bisa memasarkan properti Anda melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram, coba masuk ke grup jual beli rumah di kota Anda kemudian posting foto dan deskripsi lengkap tentang properti Anda seperti detail bangunan, SHM, luas, dan juga harga.

Usaha Modal Kecil Untung Banyak

Nah, sudah selesai kami rangkum 10+ bisnis modal kecil untung besar yang bisa dijalankan oleh semua kalangan baik untuk pelajar, mahasiswa, maupun ibu rumah tangga sekalipun. Apakah Anda sudah memilih dan menentukan bisnis apa yang cocok untuk Anda? Jangan pernah ragu untuk mulai melangkah, karena bisnis yang besar berawal dari bisnis yang kecil. Dengan tekad dan juga usaha yang kuat, bisnis kecil Anda akan semakin berkembang dan menjadi bisnis yang besar.

Demikian artikel tentang ide usaha modal kecil untung besar, semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi untuk Anda yang sedang mencari ide usaha dengan modal kecil. Sekian dan terimakasih banyak 🙂

Incoming search terms:

  • contoh usaha besar
  • bisnis modal kecil
  • usaha modal besar untung besar

Tags: